Wednesday, October 10, 2012

Pemanfaatan dan Penyalahgunaan Energi yang Tersimpan di Dalam Inti Atom

Tiba tiba gue pengen nge-post tugas kimia gue kemaren.. Cekidot!

 Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dilihat dengan mata telanjang di dunia ini. Atom terdiri dari elektron di kulit luarnya dan proton serta neutron di dalam intinya. Energi nuklir adalah salah satu energi yang tersimpan di dalam inti atom. Energi nuklir ini luar biasa besar perannya. Baik pengaruhnya maupun kegunaannya. Energi nuklir berperan besar di kehidupan manusia. Energi nuklir bisa menyejahterakan hidup manusia. Tetapi di balik kegunaannya tersebut, energi nuklir juga bisa membahayakan kehidupan manusia. Sehingga dalam menggunakan energi nuklir ini sering kali terjadi penyalahgunaan dalam  pemakaiannya.

Energi nuklir itu luar biasa besarnya. Dengan adanya pernyataan ini, manusia mempunyai keinginan untuk memanfaatkannya. Energi nuklir dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listik tenaga nuklir. Saat ini, sudah banyak negara-negara maju maupun berkembang yang telah menggunakan energi nuklir ini. Namun sampai saat ini di Indonesia belum menggunakan energi nuklir. Dengan adanya penggunaan energi nuklir untuk pembangkit listrik tenaga nuklir juga ada beberapa bahaya yang perlu di perhatikan seperti  kesalahan manusia yang bisa menyebabkan kebocoran, yang jangkauan radiasinya sangat luas dan berakibat fatal bagi lingkungan dan mahluk hidup;  salah satu yang dihasilkan oleh PLTN, yaitu Plutonium memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Plutonium ini merupakan salah satu bahan baku pembuatan senjata nuklir. Kota Hiroshima dan Nagasaki hancur lebur hanya oleh 5 kg Plutonium;  Limbah yang dihasilkan (Uranium) bisa berpengaruh buruk pada genetika. Disamping itu, tenaga nuklir memancarkan radiasi radio aktif yang sangat berbahaya bagi manusia. Selain menjadikan energi nuklir sebagai energi pembangkit listrik, energi nuklir juga dapat digunakan dalam sistem keamanan yaitu sebagai alat pendeteksi benda-benda terlarang yang ada di bandara. Energi nuklir juga digunakan pada bagian pesawat luar angkasa sebagai pengatur suhu pesawat tersebut. Alat pengukuran khusus yang menggunakan radiasi juga menggunakan energi nuklir sebagai radiasinya. Dan sisanya, energi nuklir dapat dimanfaatkan sebagai alat transfusi darah yang memerlukan sterilisasi yang menggunakan radiasi nuklir, mengukur umur tulang – tulang manusia jaman pra sejarah, membersihkan batu bara, detektor asap jika terjadi kebakaran, dan dalam ilmu kedokteran yaitu menjadi alat pendeteksi kanker dan foto sinar – x atau rontgen yang menggunakan radiasi nuklir.

Selain pemanfaatannya, banyak juga manusia yang menggunakan energi nuklir, namun menggunakannya dengan penyalahgunaan pemakaiannya. Salah satu penemuan seorang ilmuan yang bernama Enrico Fermi (1942)adalah bahwa energi nuklir dalam artian radiasi energi nuklir sangat berguna di kehidupan manusia yaitu sebagai sumber energi baru dan sangat bermanfaat bagi kehidupan umat manusia juga bersifat ramah lingkungan. Ditemukannya tiga partikel radioaktif yang sangat berguna bagi manusia, yaitu alpha, beta, dan gamma. Sinar Alpha dikenal dengan sinar radioaktif. Sinar Beta dikenal dengan sinar laser dan Sinar Gamma dikenal dengan sinar x. Sinar – sinar tersebut dapat digunakan dalam perang, yaitu sebagai pendeteksi musuh dalam gelap, menjadi senjata laser, dan bom atom. Namun penemuan Enrico Fermi ini ternyata dimanfaatkan untuk keperluan perang oleh beberapa negara yaitu Amerika Serikat. Keperluan perang tersebut adalah bom atom, sesuai usulan Albert Einstein yang dapat memusnahkan manusia, karena pada saat itu masih ada perang dunia. Reaksi pada nuklir ini menjadi tidak terkendali pada saat terjadi dalam peristiwa pertama kalinya bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang pada tanggal 7 Agustus 1945 dan dua hari selanjutnya, masih di Jepang yaitu di Nagasaki pada tanggal 9 Agustus 1945. Peristiwa ini juga mengakhiri perang dunia kedua. Ledakan bom atom dari energi nuklir tersebut menghasilkan banyak unsur radioaktif yang tidak diketahui. Unsur-unsur yang tidak diketahui ini masih terus menghasilkan unsur-unsur lain yang bersifat radioaktif sehingga jumlah unsur radioaktif tersebut tidak terhitung. Unsur-unsur yang tidak terhitung jumlahnya ini dinamakan debu radioaktif yang dapat mencemari lingkungan dan sangat berbahaya dalam kehidupan manusia.

Dengan melihat fenomena diatas, sudah semestinya kita mewaspadai dan berhati-hati atas setiap bahaya radiasi yang disebabkan oleh kebocoran energi nuklir, karena radiasinya yang sangat berbahaya dan akan hilang dalam jangka waktu. Selain itu, kita juga harus mewaspadai adanya kemungkinan penyalahgunaan teknologi energi nuklir, terutama yang berkaitan dengan dampaknya bagi kehidupan manusia di bumi. Salah satu contoh kebocoran nuklir yaitu pada saat terjadi tsunami yang menimpa negara Jepang pada tahun 2011 lalu. Radiasi yang bocor dari PLTN Fukushima yang lumpuh telah mencemari air, daging, dan bahkan para korban. Listrik Tokyo yang mengoperasikan PLTN itu mengatakan yodium radioaktif dideteksi pada air tanah di bawah salah satu reaktor pada tingkat 10.000 kali di atas normal. Ini adalah pertama kali radiasi ditemukan pada air tanah. Para pejabat kesehatan untuk pertama kali mendeteksi materi radioaktif di atas batas normal pada daging sapi dari kawasan Fukushima. Sayur dan susu dari ladang di kawasan itu juga tercemar, sehingga mendorong beberapa negara melarang impor pangan dari kawasan itu. Materi radioaktif tersebar hingga Amerika, di mana para pejabat melaporkan temuan jumlah sangat rendah materi radioaktif dalam susu dari pantai barat Amerika. Meningkatnya kadar radiasi telah dideteksi di air laut dekat PLTN itu dan di daerah-daerah sejauh 40 kilometer, sehingga mendorong pemerintah memperluas zona evakuasi 20 kilometer di sekitar fasilitas itu. Para pengevakuasi korban pun tidak sanggup mengevakuasi sekitar 1.000 jenasah di dekat PLTN itu karena khawatir mayat-mayat itu sangat tercemar radiasi. Jumlah korban jiwa yang dikukuhkan akibat dua bencana itu di atas 11.400, dan lebih dari 16.500 lainnya masih belum ditemukan. Pemerintah Jepang telah meminta pertolongan dari negara-negara lain sementara negara itu berjuang keras membendung radiasi dan memperbaiki PLTN Fukushima. Para pakar industri nuklir dari Amerika, Perancis dan negara lain berada di Jepang, atau dalam perjalanan menuju ke sana, untuk memberi bantuan kepada Perusahaan Listrik Tokyo, TEPCO, yang menjalankan pembangkit itu. Robot-robot khusus juga akan dikirim untuk membantu dimana keadaan tidak aman bagi manusia.

Dampak energi nuklir sangat membahayakan dan mengancam kehidupan manusia. Radiasi yang dihasilkan energi nuklir ada dua, yaitu radiasi langsung dan radiasi tidak langsung. Radiasi langsung adalah  radiasi yang terjadi bila radioaktif yang dipancarkan mengenai langsung kulit atau tubuh manusia. Sedangkan, radiasi tidak langsung adalah radiasi yang terjadi lewat makanan dan minuman yang tercemar zat radio aktif, baik melalui udara, air, maupun benda lainnya. Keduanya, baik radiasi langsung maupun tidak langsung, akan mempengaruhi fungsi organ tubuh melalui sel-sel pembentukannya. Organ-organ tubuh yang sensitif akan menjadi rusak. Pencemaran zat radioaktif dalam tubuh, akan menyebabkan terjadinya ionisasi yang dapat merusak hubungan antara atom dengan molekul-molekul sel kehidupan, juga dapat mengubah kondisi atom itu sendiri, mengubah fungsi sel asli atau bahkan dapat membunuhnya. Ada tiga akibat radiasi yang dapat berpengaruh pada sel yaitu, sel akan mati, terjadinya penggandaan sel yang pada akhirnya dapat menjadi penyebab timbulnya kanker dan kerusakan pada organ – organ penting dalam tubuh manusia.
Radiasi nuklir terdiri dari 3 jenis, yaitu alpha, beta dan gamma. Radiasi dengan jenis alpha, beta atau gamma memiliki tingkat bahaya yang tidak sama tergantung kondisi lingkungan, waktu yang dimiliki, dan antisipasi terhadap pengaruh bahaya radiasi. Misalnya radiasi alpha di dalam tubuh akan sangat berbahaya karena memiliki daya rusak yang kuat, tetapi radiasi alpha bisa diatasi dengan hanya selembar kertas. Sedangkan radiasi gamma dalam tubuh bisa berbahaya dalam jumlah energi besar dan dalam waktu paruh yang lama. Di lingkungan terbuka, sinar gamma memerlukan lapisan kertas yang tebal untuk menghentikannya. Radiasi Alpha, pada umumnya dipancarkan oleh elemen berat, yaitu unsur yang nomor massanya besar, tetapi tenaganya rendah. Pancaran radiasi alpha pada umumnya disertai dengan pancaran radiasi gamma. Unsur yang memancarkan radiasi alpha, nomor masaanya akan berkurang 2 sehingga radiasi alpha disamakan dengan pembentukan inti helium yang bermuatan +2 dan massanya 4. Radiasi alpha ini daya tembusnya sangat rendah. Hal ini disebabkan karena radiasi alpha bermassa 4 dan bermuatan positif, padahal di alam banyak sekali elektron bebas yang bermuatam negatif, sehingga mudah sekali dihentikan oleh elektron-elektron tersebut. Di udara, dia juga memiliki jangkauan yang sangat pendek, sekitar 2-3 cm, sehingga untuk perlindungan diri (proteksi radiasi) terhadap radisi alpha, pancaran radiasi alpha bisa dihentikan dengan ditutup memakai sehelai kertas. Radiasi beta sebenarnya ada dua macam, yakni beta min (β-) dan beta plus (β+) yang keduanya memiliki sifat yang berlainan. Pemakaian min dan plus adalah untuk menyatakan muatan listrik yang dibawa oleh arah radiasi beta tersebut. Pada umumnya, penyebutan radiasi beta adalah beta min (β-) karena keberadaan dan radiasinya di alam lebih dominan daripada beta plus (β+). Radiasi beta kehilangan energi kinetiknya karena banyak sekali mengalami tumbukan yang menghasilkan ionisasi pada medium yang dilaluinya. Hasil ionisasinya tidak sebanyak hasil ionisasi radiasi alpha karena massa radiasi beta sangat kecil bila dibandingkan radiasi alpha. Selain daripada muatannya juga hanya setengah dari muatan  radiasi alpha. Radiasi gamma merupakan radiasi gelombang elektromagnetis yang tak bermassa dan tak bermuatan. Adapun sifat dari radiasi sinar gamma menurut penelitian ternyata mirip dengan radiasi sinar-X, yaitu, benda pada umumnya bisa ditembus atau transparan terhadap radiasi gamma, banyak bahan yang memancarkan cahaya jika diberi radiasi sinar gamma, sinar gamma terbentuk dari elektron berenergi tinggi dari suatu bahan, dapat merusak flat film fotografi, dan tidak dipengaruhi oleh medan magnet.

Teknologi nuklir sebagaimana kita ketahui banyak memberikan manfaat bagi manusia. Dengan dikembangkannya energi nuklir sebagai pengganti energi listrik, selain mampu memberikan keajuan pada ilmu pengetahuan dan teknologi juga mampu memberikan kesejahteraan bagi manusia dengan pemanfaatannya untuk bidang ekonomi. Meskipun energi nuklir tetap saja memiliki efek radiasi yang sangat berbahaya untuk lingkungan dan manusia, namun seiring kemajuan teknologi, manusiapun semakin canggih untuk menemukan solusi atas setiap pencemaran yang ditimbulkannya.

No comments:

Post a Comment